10 Tips Agar Bisnis Cepat Berkembang dalam Kewirausahaan

10 Cara Agar Bisnis Cepat Berkembang

tips agar bisnis cepat berkembang – Pertumbuhan bisnis adalah bagian penting dari rencana perusahaan mana pun. 

Jika Anda berada dalam posisi manajemen, Anda mungkin terus-menerus mencari cara untuk membuat bisnis Anda berkembang. Tetapi Anda dihadapkan pada dilema ketika harus memutuskan strategi pertumbuhan.
Anda harus mempertimbangkan keadaan industri saat ini, kondisi keuangan perusahaan Anda, jumlah modal yang Anda miliki, ukuran bisnis Anda, kemampuan manajemen Anda, pesaing Anda, dan lain-lain. 
“Pertumbuhan Bisnis” tidak terjadi dalam semalam. Butuh waktu, terutama jika Anda memulai dari awal. Anda harus merencanakan ke depan, mengatur sumber daya Anda, mengatur staf Anda, dan memiliki visi jangka panjang. 
Ada beberapa cara untuk membantu pertumbuhan bisnis Anda, tetapi Anda harus mempertimbangkan model bisnis Anda, basis pelanggan Anda, pesaing Anda, sumber daya Anda, staf Anda, dan pasar Anda. Luangkan waktu Anda dan buat rencana yang matang.
Jika Anda ingin tumbuh, Anda perlu tahu bagaimana melakukannya. Ini tidak selalu merupakan tugas yang mudah. Pertumbuhan bisnis membutuhkan banyak pekerjaan. 
Ada banyak strategi yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda, tetapi mungkin sulit untuk mengetahui mana yang akan berhasil untuk Anda dan mana yang tidak. 

10 Cara Agar Bisnis Cepat Berkembang

Menskalakan bisnis kecil Anda secara efektif dan efisien bisa jadi sulit. Dibutuhkan pendekatan dan upaya yang cerdas dari berbagai bagian perusahaan Anda, antara lain:
  • Penjualan
  • Pemasaran
  • Keuangan
  • Hukum
Dan karena Anda masih pemula, Anda mungkin menemukan diri Anda mengenakan banyak topi sampai Anda dapat mempekerjakan karyawan ahli. 
10 Cara Agar Bisnis Cepat Berkembang
Meskipun mengembangkan bisnis kecil Anda akan memakan waktu dan energi, ada 10 strategi yang dapat Anda gunakan untuk membantu mempercepat pertumbuhan bisnis.

1. Lakukan Riset

Saat Anda mencari cara untuk mengembangkan bisnis kecil Anda, Anda perlu melakukan riset pasar. Ini tidak hanya membuat Anda lebih memahami pelanggan yang ada, tetapi juga pelanggan potensial Anda. 
Sangat penting untuk mendapatkan wawasan tentang target pasar Anda dan mengetahui apa kebutuhan mereka. Dengan begitu, Anda dapat melihat bagaimana bisnis Anda dapat tumbuh dan berubah untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
 
Jangan lupa untuk meneliti pesaing Anda juga. Mengetahui apa kekuatan dan kelemahan mereka dapat membantu mendorong keputusan Anda tentang cara menskalakan bisnis kecil Anda dengan tepat.

2. Bangun Saluran Penjualan

Saluran penjualan Anda dapat membantu membawa bisnis ke tingkat berikutnya. Pikirkan saluran penjualan sebagai perjalanan pelanggan. 
Saat mereka memasuki bisnis Anda atau mengunjungi situs web Anda, mereka berada di bagian atas corong. 
Ketika mereka membeli sesuatu atau mendaftar untuk suatu layanan, mereka telah berhasil melewati corong. 
Anda harus mencoba menemukan cara untuk menggerakkan orang melalui corong untuk melakukan penjualan. 
Ini dapat mencakup menawarkan diskon atau mendapatkan informasi kontak mereka dan mengirimi mereka pembaruan tentang bisnis Anda.

3. Tingkatkan Retensi Pelanggan

cara mengembangkan bisnis kecil AndaTidak cukup hanya mendapatkan pelanggan baru untuk bisnis Anda. Anda juga perlu membuat pelanggan yang sudah ada datang kembali. 
Saat Anda meningkatkan retensi pelanggan, Anda sedang membangun loyalitas pelanggan, yang dapat meningkatkan penjualan. 
 
Mempertimbangkan biaya lima kali lipat untuk mendapatkan pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan saat ini, berfokus pada mempertahankan pelanggan berarti bisnis Anda tidak akan menghabiskan uang untuk sesuatu yang bukan merupakan investasi yang dijamin. 

Memprioritaskan layanan pelanggan: 

Jika Anda tidak memperlakukan pelanggan dengan benar, mereka tidak akan mau mendukung bisnis Anda. 
Memastikan Anda mengatasi masalah mereka dan memberi mereka pengalaman terbaik menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka sebagai pelanggan.

Menggunakan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM): 

Sistem CRM membantu bisnis Anda mengelola hubungan dengan pelanggan yang ada dan pelanggan potensial. 
Mereka membantu Anda mempertahankan informasi pelanggan dan mengidentifikasi peluang penjualan. 
Salah satu manfaat terbesarnya adalah data disimpan di satu tempat, sehingga Anda dan karyawan lain yang membutuhkannya dapat mengaksesnya.

Membuat program loyalitas pelanggan: 

Program ini memberi penghargaan kepada pelanggan Anda yang sudah ada karena mendukung bisnis Anda. 
Mereka juga dapat membantu Anda menarik pelanggan baru atau mendapatkan kembali pelanggan yang meninggalkan bisnis Anda.

Meluncurkan kampanye email: 

Menggunakan kampanye email dapat membantu memastikan bisnis Anda tetap diingat oleh pelanggan. 
Ini juga merupakan cara yang bagus untuk memindahkan pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan melalui saluran penjualan Anda.
 
Terlibat dengan pelanggan di media sosial: Pelanggan Anda dapat menjangkau bisnis Anda di media sosial dengan pertanyaan atau untuk berbagi umpan balik, poin masalah, atau keluhan. 
Meluangkan waktu untuk merespons dan terlibat dengan mereka menunjukkan bahwa Anda menghargai pemikiran mereka dan menanggapi kekhawatiran mereka dengan serius.

Tepati janji Anda: 

Tidak ada yang suka merasa dilupakan. Jika Anda memberi tahu pelanggan bahwa Anda akan menindaklanjuti dengan mereka dengan informasi lebih lanjut atau menghubungi mereka di kemudian hari, lakukanlah. Jika tidak, itu dapat memberi kesan buruk kepada pelanggan Anda tentang bisnis Anda.

4. Berpartisipasi dalam Acara Jaringan

Meningkatkan visibilitas merek Anda dapat membantu Anda menarik pelanggan baru dan mengembangkan bisnis Anda. Cara yang baik untuk melakukan ini adalah dengan menghadiri acara networking. 
Periksa organisasi profesional lokal dan jangan takut untuk menghadiri beberapa acara untuk menyebarkan berita tentang bisnis Anda.
 
Anda dapat berpartisipasi dalam acara ini dengan:
  • Menghadiri dan bertemu dengan pemilik bisnis lain
  • Mendirikan stan untuk mempromosikan bisnis Anda
  • Berbicara sebagai pakar industri

5. Praktek Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Banyak pelanggan ingin berbisnis dengan perusahaan yang sesuai dengan nilai mereka sendiri. 
Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) berarti Anda mengenali dampak bisnis Anda terhadap semua aspek masyarakat. 
Membiarkan publik melihat apa yang dilakukan bisnis Anda untuk memberikan dampak positif dapat membantu keuntungan bisnis Anda.
 

Praktek Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Beberapa contoh bagaimana bisnis Anda dapat mempraktikkan CSR adalah:

Menjadi hijau

Manfaat menjalankan bisnis hijau lebih dari sekadar biaya utilitas yang lebih murah. 
Ini menunjukkan kepada publik bahwa Anda serius dalam mengurangi dampak bisnis Anda terhadap lingkungan. 
Go green dan buat perubahan untuk mengurangi jejak karbon Anda, seperti mendapatkan sertifikasi Kepemimpinan dalam Desain Energi dan Lingkungan (LEED) atau mengejar proyek hemat energi.

Memberi kembali kepada masyarakat

Dorong karyawan Anda untuk menjadi sukarelawan di komunitas tempat mereka tinggal dan bekerja. 
Baik itu bekerja di bank makanan atau membersihkan ruang terbuka, kegiatan semacam ini menunjukkan bahwa bisnis Anda serius dalam berinvestasi di area dan orang-orang.

Memproduksi produk yang berkelanjutan

Cari tahu apakah ada cara Anda dapat mengubah bahan atau proses Anda untuk menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan.

6. Bentuk Kemitraan Strategis

Memasuki kemitraan strategis dengan bisnis lain dapat memberi Anda kesempatan untuk menjangkau jaringan pelanggan yang lebih luas atau menyelaraskan pertumbuhan dengan sasaran strategis dalam rencana bisnis Anda. 
Salah satu contoh kemitraan strategis yang sukses adalah antara Starbucks dan toko nasional lainnya, seperti Barnes & Noble atau Target. 
Kemitraan ini menempatkan rantai kopi ke banyak toko ritel di seluruh negeri, yang meningkatkan jangkauan dan pendapatannya.
 
Anda bahkan dapat membentuk kemitraan strategis dengan vendor untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. 
Apa pun jenis kemitraan yang Anda bentuk, penting bagi Anda untuk mengelola hubungan bisnis dan memelihara hubungan vendor yang efektif.

7. Pertimbangkan Waralaba Bisnis Kecil Anda

Waralaba bisnis adalah strategi pertumbuhan umum untuk bisnis kecil. Ini berarti Anda menjual hak bisnis Anda kepada pemilik independen. Kemudian, mereka membuka dan mengoperasikan waralaba mereka sendiri dari bisnis Anda. 
Banyak perusahaan terkenal menjual waralaba, seperti McDonald’s, Starbucks, dan hotel Marriott. Ketika waralaba baru dibuka, itu meningkatkan jumlah lokasi bisnis Anda, yang membantu mendatangkan lebih banyak pendapatan.
 
Sebelum Anda setuju untuk menjual hak kepada perusahaan Anda, Anda harus tahu apakah bisnis Anda dapat diwaralabakan ? Proses waralaba lebih cocok untuk jenis industri tertentu, seperti restoran cepat saji atau pusat kebugaran.

8. Diversifikasi Penawaran Produk atau Layanan Anda

Anda telah berhasil menjual produk atau layanan utama Anda kepada pelanggan. Bagaimanapun, itulah yang membuat Anda berpikir untuk mengembangkan bisnis kecil Anda. 
Sekarang, menawarkan produk atau layanan yang berbeda dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan baru. Anda dapat melakukannya dengan:
 
  • Mengidentifikasi peluang untuk produk atau layanan baru: Lakukan riset pasar untuk melihat apakah ada sesuatu yang baru yang dapat Anda tawarkan kepada pelanggan untuk dibeli.
  • Menemukan berbagai cara untuk menawarkan produk Anda yang sudah ada: Ini termasuk langganan atau bundel.
  • Salah satu bisnis yang tumbuh dengan mendiversifikasi penawaran produknya adalah Moment. Produk awal perusahaan termasuk lensa untuk smartphone untuk meningkatkan fotografi. Sekarang, perusahaan telah memperluas penawarannya untuk memasukkan aplikasi dan aksesori untuk digunakan dengan lensanya.

9. Perluas ke Pasar Baru

Tidak diragukan lagi bahwa waralaba memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan basis pelanggan Anda. 
Tetapi jika bisnis Anda tidak dapat diwaralabakan, ada alternatif selain waralaba, seperti memperluas bisnis Anda melalui ekspor.
 
Menemukan peluang ekspor berarti Anda dapat mengirimkan produk dan layanan Anda ke seluruh dunia. Manfaat ekspor antara lain:
  • Memanfaatkan platform global untuk menjual produk dan layanan Anda secara online
  • Peluang untuk membuka lokasi bisnis baru
  • Akses ke lebih banyak pelanggan dan bisnis
Bawa bisnis Anda secara global dan beri perusahaan Anda kesempatan untuk meningkatkan pangsa pasarnya.

10. Ukur Apa yang Berhasil dan Sempurnakan Saat Anda Bekerja

Meskipun ada berbagai strategi yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis kecil Anda, penting bagi Anda untuk mengukur apa yang berhasil. 
Misalnya, jika Anda membuat program loyalitas pelanggan dan ternyata tidak meningkatkan retensi pelanggan, Anda mungkin perlu mengubah strategi Anda. 
Mungkin mendapatkan CRM dan terlibat dengan pelanggan Anda secara teratur, atau terlibat dengan mereka melalui kampanye email atau di media sosial.

kesimpulan

Pertumbuhan bisnis adalah tugas tanpa akhir yang membutuhkan banyak kerja keras dan usaha. 
Terlalu sering, pemilik bisnis menjadi frustrasi dan berhenti bekerja keras. Saat itulah bisnis mereka mulai menderita dan tidak tumbuh pada tingkat yang seharusnya. 
Di blog ini, kami telah menguraikan tujuh tip yang akan membantu Anda meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Kami harap tips agar bisnis cepat berkembang ini membantu Anda membawa bisnis Anda ke level selanjutnya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top