Muncul dengan ide bisnis dan memulai bisnis bisa tampak luar biasa dan rumit. Ada begitu banyak hal yang harus Anda pertimbangkan mulai dari mendapatkan ide bagus hingga mendaftarkan perusahaan, hingga perencanaan bisnis, penggalangan dana, dan banyak lagi.
Itulah sebabnya kami menyusun panduan mendalam ini untuk memandu Anda langkah demi langkah melalui cara memulai bisnis. Ini mencakup setiap hal yang mungkin ingin Anda ketahui saat mendirikan bisnis.
Saya sangat menyarankan jika Anda baru memulai bisnis baru, Anda harus membaca panduan ini dari awal hingga akhir, tetapi jika Anda ingin melewatinya, ada daftar isi di bawah ini dengan tautan cepat ke bagian dan subbagian.
Panduan ini dirancang untuk pengusaha Inggris tetapi sebagian besar berkaitan dengan pengusaha yang memulai bisnis di mana saja, hanya bagian keuangan dan hukum yang akan berbeda secara signifikan.
1. Kenali Diri Anda Sebagai Pengusaha Sebelum Memulai
Memulai bisnis adalah proses yang membutuhkan banyak pemikiran dan pemeriksaan yang cermat. Pertama, Anda perlu melihat dengan baik kekuatan, kelemahan, dan keterampilan Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk mulai berpikir tentang apa yang dapat Anda lakukan dan apa yang tidak dapat Anda lakukan.
Penting untuk memulai di sini bahkan jika Anda sudah memiliki ide bisnis terbaik dunia, karena Anda mungkin tidak memiliki keterampilan atau ciri kepribadian yang memungkinkan Anda menjadikannya bisnis yang sukses. Anda ingin memunculkan ide bisnis di mana Anda secara alami paling cocok untuk sukses, misalnya:
- Seseorang dengan tingkat keterampilan pemrograman yang layak beradaptasi dengan baik untuk memulai agen pengembangan web.
- Seseorang yang memiliki rentang perhatian pendek mungkin tidak ingin mempertimbangkan bisnis terkait akuntansi.
- Seseorang yang tidak senang berbicara dengan orang baru tidak akan mempertimbangkan bisnis yang menghadapi banyak klien.
Ini hanyalah tiga contoh umum, tetapi ini memberi Anda gambaran tentang proses berpikir. Poin krusialnya adalah memahami diri sendiri dan tim Anda, dan apakah Anda cocok dengan ide bisnis apa pun, bidang bisnis, atau jenis bisnis tertentu. Ini memungkinkan Anda untuk mulai memunculkan ide dan mempersempit bisnis apa yang dapat Anda mulai.
Temukan Motivasi Anda Untuk Memulai Bisnis
Sebelum Anda memulai bisnis, Anda harus benar-benar jelas tentang mengapa Anda melakukannya. Itu mungkin terdengar jelas, tetapi sebenarnya ada banyak alasan mengapa seseorang harus memilih untuk mengabaikan keamanan pekerjaan dan karier karena ketidakpastian dalam memulai bisnis. Jadi, semakin jelas Anda tentang apa sebenarnya yang ingin Anda capai, semakin besar peluang Anda untuk mencapainya.
Kekayaan, kekuasaan, ketenaran, menyelamatkan dunia? Sebagian besar wirausahawan termotivasi oleh gabungan dari hal-hal di atas meskipun sebagian besar tidak mau mengakuinya. Memahami apa yang mendorong Anda untuk memulai bisnis merupakan faktor utama dalam menentukan jenis bisnis apa yang harus Anda mulai. Mengapa? Karena ketika bisnis yang Anda mulai tidak selaras dengan ambisi pribadi, kemungkinan besar Anda akan gagal.
Anda harus memastikan sejak awal bahwa tujuan dan dorongan pribadi Anda sesuai dengan bisnis Anda, misalnya:
- Seseorang yang mencari kekayaan mungkin ingin melihat perusahaan di industri jasa keuangan, di mana valuasi dan pendapatan Fintech biasanya jauh lebih tinggi daripada bisnis baru lainnya.
- Seseorang yang mencari kekuasaan dan pengaruh dapat mencapainya melalui segala bentuk bisnis media.
- Seseorang yang mencari ketenaran mungkin paling cocok untuk bisnis yang berhubungan dengan hiburan.
- Seseorang yang ingin menyelamatkan dunia mungkin memulai bisnis mengatasi perubahan iklim melalui energi terbarukan.
Penting untuk memahami mengapa Anda memulai bisnis sehingga Anda dapat fokus pada ide bisnis yang akan membantu Anda mencapai tujuan yang Anda inginkan.
Pastikan Itu Alasan Yang Bagus Untuk Memulai
Pada kenyataannya, Anda tidak mungkin hanya memiliki satu alasan untuk memulai bisnis; kemungkinan merupakan kombinasi dari beberapa di antaranya. Jadi ketahuilah bahwa tujuan mungkin bertentangan satu sama lain.
Menciptakan bisnis keluarga jangka panjang untuk diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya, mungkin tidak sesuai dengan menghasilkan banyak uang, karena Anda mungkin perlu menjual bisnis tersebut untuk mewujudkan nilai penuhnya.
Meskipun dimungkinkan untuk menciptakan bisnis yang sukses semata-mata untuk menghasilkan banyak uang, pada kenyataannya akan sulit jika tidak ada setidaknya satu faktor lain yang bertindak sebagai motivator.
Ini karena dibutuhkan waktu bertahun-tahun antara memulai bisnis dan menerima uang darinya – jika pernah – dan sepanjang jalan kerja keras yang dibutuhkan sangat besar, dan kemungkinan kegagalan sangat nyata.
Hanya menggantungkan harapan Anda pada kemungkinan pot emas di masa depan tidak akan cukup untuk menopang Anda melewati masa-masa sulit. Jadi pastikan Anda memiliki alasan yang bagus, bekerja keras, dan nikmati perjalanannya!
Pahami Hasrat Kewirausahaan Anda
Ketika datang untuk memulai bisnis, jika Anda bersemangat tentang hal itu, Anda akan lebih mungkin berhasil. Alasan utamanya sederhana: Anda akan bekerja lebih keras dan lebih gigih dalam bisnis yang Anda sukai, sehingga lebih mungkin untuk berhasil. Seringkali satu-satunya perbedaan antara pengusaha yang memulai bisnis yang sukses dan pengusaha yang gagal adalah hasrat.
Logika menyatakan bahwa jika Anda menginginkan bisnis yang sukses maka Anda harus memulai di area yang sudah Anda sukai. Untuk mulai mencari tahu bisnis atau bidang bisnis apa yang Anda minati atau minati, mulailah dengan memikirkan bidang, aktivitas, dan hal-hal yang Anda sukai, yaitu minat Anda dan pendapat Anda yang kuat, misalnya:
- Seseorang yang suka mendaki mungkin mempertimbangkan untuk mendirikan bisnis perjalanan.
- Seseorang yang menyukai Lego mungkin berpikir tentang bisnis mainan atau konstruksi.
- Seseorang yang menghabiskan seluruh hidupnya dengan kecintaan pada musik mungkin memulai perusahaan yang berhubungan dengan suara
Saat memikirkan ide bisnis offline atau online, perlu diingat bahwa memulai bisnis apa pun cukup sulit, jika Anda memastikan bahwa itu adalah bisnis yang Anda sukai, kemungkinan besar Anda akan berhasil.
Apakah Anda Usia Yang Tepat Untuk Memulai Bisnis?
Pertanyaan seperti berapa usia rata-rata seorang pendiri startup, berapa usia optimal untuk menjadi seorang pendiri dan apakah mungkin terlalu tua/terlalu muda untuk memulai sebuah startup, semuanya sering ditanyakan. Grafik dari HBR menunjukkan distribusi usia para pendiri miliaran dolar, perusahaan swasta yang didukung modal ventura.
Ini adalah distribusi menarik yang tidak dapat disangkal menguntungkan mereka yang berusia antara 20-35 tahun. Tentu saja, perusahaan senilai $1 miliar ini adalah perusahaan outlier yang sangat besar dan mewakili kumpulan data yang sangat kecil dari total startup.
Karena itu, ini adalah grafik yang menarik untuk dicatat karena bagaimanapun, bagi kita yang memulai startup, bukankah ini impian terakhir yang kita semua capai dalam jangka panjang? Bagi mereka yang termasuk dalam kelompok usia ini, tanda-tandanya bagus.
Bahkan Fred Wilson, Venture Capitalist yang berbasis di New York dikutip mengatakan bahwa “teknologi bias terhadap generasi muda” seperti yang dicatat dalam artikel tersebut.
Berbeda dengan grafik di atas, Kauffman Foundation melakukan penelitian dan merilis laporan berjudul “ The Anatomy of an Entrepreneur ”. Mereka menemukan usia rata-rata seorang pendiri adalah 40 tahun.
Tentu saja, saya dapat memikirkan sejumlah manfaat menunggu hingga usia ini untuk memulai sebuah perusahaan; yang paling jelas adalah pengalaman bertahun-tahun di bawah ikat pinggang Anda.
Pada akhirnya, usia seharusnya tidak menjadi faktor pembatas dalam kesuksesan. Ada pro dan kontra tentang usia tertentu, dan beberapa orang mungkin memiliki bias.
Mengenai memulai sebuah startup seringkali tergantung pada keadaan dan proses berpikir individu tersebut. Akan selalu ada alasan untuk tidak mengambil risiko tetapi pada kenyataannya apakah alasan ini valid ?
Usia Anda seharusnya berada jauh di bawah daftar faktor yang Anda pertimbangkan jika Anda berpikir untuk memulai sebuah startup.
Dengan startup yang menjadi roller coaster, rentang emosi dari yang maha kuasa hingga yang paling rendah yang dialami oleh setiap pendiri setiap hari akan mengecilkan manfaat atau negatif yang disebabkan oleh usia pendiri.
Ada banyak metrik yang dapat diperhatikan oleh pendiri startup pada satu titik waktu. Menurut pendapat saya, usia seharusnya tidak menjadi salah satunya. Apa pendapatmu?
2. Datang Dengan Ide Bisnis Yang Hebat
Memunculkan ide bisnis relatif mudah, memunculkan ide bisnis yang hebat itu yang sulit. Sangat penting untuk kesuksesan Anda bahwa ketika memulai, Anda mengeksplorasi ide sebanyak mungkin sebelum memutuskan ide terakhir yang akan Anda ambil.
Di bagian ini, kami akan memandu Anda melalui proses menemukan ide bisnis hebat yang dapat Anda ubah menjadi bisnis yang sukses, menguntungkan, dan bernilai.
Mulailah Menghasilkan Ide Bisnis
Sekarang saatnya untuk mulai memunculkan ide, ini seringkali merupakan proses yang panjang dan memakan waktu tetapi bersabarlah dan Anda akan menghidupkan beberapa ide yang fantastis. Di bawah ini Anda akan menemukan saran tentang cara memulai proses pembuatan ide dan menghasilkan ide bisnis yang hebat!
Memecahkan Masalah Yang Menjadi Perhatian Calon Pelanggan
Mulailah dengan memikirkan masalah penting apa yang dapat Anda selesaikan dan bagaimana caranya. Banyak perusahaan sukses memulai misi untuk memecahkan masalah nyata yang memengaruhi jutaan orang dan memberikan solusi melalui produk dan layanan mereka.
Misalnya, Tesla memulai dengan tujuan membuat mobil dunia murni listrik dan mereka sedang dalam perjalanan untuk membangun bisnis multi-miliar dolar yang sangat sukses dalam prosesnya.
Identifikasi Di Mana Anda Memberikan Solusi Yang Lebih Baik
Cari area di mana solusi sudah tersedia tetapi Anda dapat melakukan lebih baik daripada perusahaan yang ada baik dalam hal efisiensi, inovasi, atau biaya.
Misalnya, Apple memasuki pasar ponsel lebih dari satu dekade lalu sebagai underdog dengan produk inovatif baru dan kini menjadi pemimpin pasar. Terlepas dari kenyataan bahwa teknologi tersebut telah tersedia selama bertahun-tahun, tidak ada yang membawa tingkat inovasi yang dilakukan iPhone ke pasar.
Menjadi Lebih Murah Daripada Bisnis Lain
Anda harus mencari area di mana Anda dapat memberikan penghematan yang signifikan kepada pelanggan vs pesaing. Jenis bisnis ini tumbuh sangat cepat, terutama selama resesi.
Sebagai contoh, Poundland adalah contoh yang bagus dari jenis bisnis ini, sejak awal harga bekasnya sebagai pembeda utama dari para pesaingnya. Melalui penawaran harga serendah mungkin pada sejumlah besar produk konsumen, bisnis ini telah berkembang menjadi jaringan jalan raya yang sangat sukses.
Berinovasi Di Pasar Tradisional Yang Lambat Berubah
Apakah ada bidang usaha atau industri yang tidak banyak berinovasi dalam 10-100 tahun terakhir? Ini sering terjadi di industri non-teknologi yang lamban mendorong perubahan sementara status quo tetap menguntungkan.
Industri-industri ini seringkali memiliki peluang luar biasa untuk mengganggu mereka dengan teknologi, inovasi, sistem, dan metode baru. Misalnya, baru belakangan ini industri taksi berubah dengan cepat dengan diperkenalkannya Uber yang berinovasi dalam cara kami menemukan dan menyewa taksi.
Bangun Bisnis Untuk Kebutuhan Atau Pasar Masa Depan
Coba pikirkan ke masa depan, seperti apa dunia dalam 5 atau 10 tahun mendatang? Memikirkan masa depan akan memungkinkan Anda memikirkan pasar dan ceruk baru yang mungkin terbuka karena inovasi dan teknologi baru.
Misalnya, cryptocurrency seperti Bitcoin dalam beberapa tahun terakhir telah tumbuh menjadi pasar yang signifikan dengan sendirinya dengan seluruh ekosistem penyedia teknologi dan infrastruktur berkembang di sekitarnya.
Salin Bisnis Lain Dan Jadilah Lebih Baik
Tidak mungkin, kecuali Anda berada di garis depan teknologi, ide bisnis Anda unik. Banyak perusahaan terbesar di dunia tidak revolusioner, namun mereka masuk ke pasar dengan pemain maju dan mengungguli orang lain.
Anda tidak harus memiliki ide paling orisinal untuk menciptakan bisnis yang cemerlang, Anda hanya perlu melakukannya lebih baik daripada orang lain! Misalnya, Microsoft muncul entah dari mana dan mengalahkan setiap pesaing lain untuk menjadi penyedia sistem operasi yang dominan di awal tahun 1990-an.
Ubah Hobi Anda Menjadi Bisnis
Lompatan yang logis adalah mengambil hobi dan mengubahnya menjadi bisnis nyata. Mengapa? Hobi adalah sesuatu yang sudah Anda ketahui banyak, jelas memiliki hasrat dan Anda akan tahu harus mulai dari mana. Misalnya, logis untuk beralih dari mengumpulkan model menjadi menjual model.
Pikirkan Tentang Bisnis Global
Dunia sekarang menjadi tempat yang sangat global, Anda dapat memiliki bisnis di China dan mengoperasikannya dari Selandia Baru jika itu yang Anda inginkan. Globalisasi dan teknologi menawarkan kemungkinan besar untuk menjalankan bisnis di pasar baru dan berkembang di seluruh dunia.
Jika kondisinya tidak tepat untuk model bisnis Anda di pasar negara asal Anda, cari negara tempat mereka berada. Misalnya, Rocket Internet membangun bisnis multi-miliar dolar mereka dengan meniru model bisnis inovatif dari pasar maju dan membawa mereka ke pasar yang kurang berkembang di mana mereka adalah satu-satunya perusahaan.
Jangan Membatasi Diri Anda Pada Satu Ide Bisnis
Sangat mudah untuk menentukan satu ide tetapi untuk memberi diri Anda kesempatan terbaik untuk menghasilkan ide yang bagus, sebaiknya pilih beberapa untuk dijelajahi dan dibandingkan.
Jika Anda Terjebak, Berhentilah Berpikir
Anda bisa terlalu memikirkannya dalam hal ide, jadi jika Anda mandek, berhentilah memikirkannya. Sering kali, ketika Anda berhenti memikirkan sesuatu secara aktif, solusi atau ide akan datang kepada Anda nanti.
3. Teliti Ide Bisnis Anda
Tahap ini adalah tentang meneliti ide bisnis Anda sebanyak mungkin untuk memutuskan apakah ide atau gagasan Anda dapat berubah menjadi bisnis yang hebat. Untuk menilai dan membandingkan masing-masing, Anda ingin memiliki pemahaman yang jelas tentang poin-poin di bawah ini.
Tentukan & Analisis Target Pasar Anda
Apakah ada pasar untuk bisnis, produk atau layanan dan apakah cukup besar untuk mendukung tujuan Anda ? Anda juga harus mempertimbangkan lanskap persaingan dan mengetahui siapa pesaing utama Anda. Analisis apa kelemahan dan kekuatan mereka dan Anda, serta peluang dan ancaman pasar. Anda menginginkan gagasan yang jelas tentang keseluruhan pasar dan bagaimana bisnis Anda akan masuk ke dalamnya.
Lihat Apakah Ada Permintaan Untuk Produk Atau Layanan Anda
Apakah ada permintaan langsung untuk barang Anda atau apakah Anda harus mengedukasi pelanggan tentang kebutuhan akan produk atau layanan Anda?
Pahami Calon Pelanggan Anda
Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang siapa calon pelanggan Anda, termasuk data demografis dan detail bisnis jika Anda menjual B2B.
Miliki Rencana Pemasaran & Penjualan Yang Masuk Akal
Memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana Anda akan menjangkau klien potensial Anda dan menumbuhkan pangsa pasar Anda sangat penting untuk kesuksesan. Secara khusus, memahami aktivitas dan saluran pemasaran dan penjualan apa yang perlu Anda kejar dan bagaimana caranya.
Pastikan Model Bisnis Anda Akan Berhasil
Bisakah model bisnis Anda berfungsi mengingat pasar saat ini dan pelanggan potensial? Ini sering menjadi poin yang diabaikan, tetapi banyak start-up yang gagal karena model bisnis mereka tidak beroperasi.
Temukan Pendanaan Untuk Bisnis Anda
Apakah biayanya besar untuk mendirikan bisnis Anda? Ini adalah faktor kunci apakah bisnis Anda dapat berjalan karena bergantung pada sumber daya Anda dan kemampuan Anda untuk mengumpulkan dana jika diperlukan, yaitu hibah usaha kecil, malaikat bisnis, modal ventura, pembiayaan faktur atau pinjaman usaha bank.
4. Uji Premis Bisnis Anda
Setelah Anda memiliki beberapa ide bisnis yang diteliti secara menyeluruh, saatnya untuk menguji dengan cepat dan memvalidasi apakah premis bisnis yang Anda usulkan berfungsi di dunia nyata. Banyak pengusaha yang melewati tahap ini, akhirnya membuang banyak waktu untuk mengejar usaha yang tidak akan pernah berhasil. Jadi sekarang setelah kita menetapkan langkah yang baik untuk menguji ide dan penelitian Anda, bagian ini mengeksplorasi rute yang berbeda ke pasar untuk menguji ide yang berbeda.
Tepat Saat Mengukur Kinerja
Saat menguji bisnis yang diusulkan, Anda dapat menilai kinerja usaha apa pun dengan cara yang berbeda, jadi penting untuk terlebih dahulu menentukan apa yang ingin Anda ukur untuk mengukur keberhasilan atau kegagalan. Berikut adalah beberapa tindakan yang disarankan untuk Anda mulai:
- Berapa banyak pendapatan yang dapat Anda hasilkan / Berapa banyak produk yang dapat Anda jual?
- Berapa banyak minat pelanggan yang dapat Anda hasilkan?
- Berapa banyak pers/kemasyhuran yang dapat Anda hasilkan?
- Metode Pengujian Yang Berbeda
Sesuai dengan judul bagian ini, Anda harus menemukan dan menggunakan cara tercepat, termurah, dan paling kuat untuk menguji lokasi bisnis Anda. Bagaimana Anda memilih untuk melakukan ini sangat bergantung pada ide bisnis Anda, di bawah ini adalah beberapa metode paling populer yang sesuai dengan kriteria di atas.
Buat Halaman Arahan Dan Lakukan Pemasaran Email
Jika Anda memiliki layanan atau bisnis berbasis solusi spesifik dan saluran penjualan utama Anda akan online, ini seringkali merupakan cara tercepat untuk menguji:
- Siapkan situs web satu halaman cepat (untuk orang non-teknis, Wix adalah solusi yang bagus).
- Buatlah terlihat dan terasa profesional (Anda bisa mendapatkan logo/merek 5 dolar dari Fiverr).
- Buat daftar layanan/solusi Anda.
- Tambahkan email kontak.
- Temukan email pembeli potensial yang ideal dan hubungi mereka tentang layanan Anda.
- Kemudian kelola komunikasi dan lihat apakah ada yang tertarik, jika tidak tanyakan mengapa dan gigihlah.
Bangun Toko Online Dan Beli Iklan
Jika ide Anda melibatkan penjualan produk secara online:
- Buat toko online cepat (WordPress, Shopify, atau BigCommerce adalah opsi yang bagus).
- Tambahkan merek dan jadikan semuanya terlihat profesional.
- Tambahkan gambar tiruan dari produk Anda.
- Tambahkan detail kontak dan urutkan email.
- Habiskan £25 untuk iklan Facebook dan lihat berapa banyak klik, penjualan, dan berapa banyak pendapatan yang dapat Anda hasilkan.
Mendirikan Kios Pasar Dan Menjual
Jika Anda memulai bisnis berbasis produk dan metode penjualan utama Anda adalah tatap muka, cara hemat biaya untuk menguji bisnis Anda adalah membuat versi awal produk Anda dan memesan meja di pasar atau festival lokal Anda.
Anda dapat mengukur melalui umpan balik penjualan dan pelanggan jika premisnya sukses dan mendapatkan umpan balik yang berharga tentang bagaimana Anda dapat mengubah premis menjadi sukses jika gagal. Smoothies Innocent dimulai dengan menguji produk mereka di sebuah festival sebelum menjadi bisnis (dan kemudian diakuisisi oleh Coke seharga ratusan juta).
Menjual Melalui Telepon (Telesales)
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan umpan balik kualitatif yang bermakna adalah dengan menemukan pembeli ideal produk Anda di LinkedIn misalnya, melacak nomor telepon mereka dan menelepon/melakukan promosi sebanyak mungkin untuk mengumpulkan umpan balik dan pre-order sebanyak Anda. bisa.
5. Buat Rencana Bisnis
Pada titik ini Anda telah memilih ide bisnis yang akan Anda ubah menjadi bisnis dan mengujinya, sekarang saatnya menyusun rencana bisnis untuk menguraikan secara rinci tujuan bisnis Anda dan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya.
Rencana bisnis adalah latihan yang bagus untuk memilah pemikiran Anda dan memungkinkan Anda untuk merencanakan bisnis Anda dengan cara yang terstruktur, untuk diri Anda sendiri dan pihak luar seperti investor atau mitra dapat memahami apa yang ingin Anda capai dan bagaimana caranya.
Perencanaan yang baik sejak awal dapat menjadi pembeda antara bisnis yang sukses dan dilaksanakan dengan baik dan bisnis yang gagal. Di bagian ini, Anda akan menemukan panduan tentang cara membuat rencana bisnis yang hebat.
Elemen Kunci Dari Rencana Bisnis
Rencana bisnis Anda harus mencakup banyak elemen kunci dan mengikuti struktur yang sederhana dan jelas. Selalu bertujuan untuk membuat rencana bisnis yang dapat diambil oleh siapa saja dan memahami apa bisnis Anda, apa tujuannya, dan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya; ini berarti memecahnya menjadi beberapa bagian yang jelas.
Ringkasan Bisnis Plan
Ringkasan eksekutif adalah pengantar rencana Anda, kontennya, dan ikhtisar semua hal dalam rencana bisnis Anda. Ini harus memberi pembaca gambaran singkat, ringkas dan jelas tentang apa bisnis Anda dan apa yang Anda coba lakukan tidak lebih dari dua paragraf.
Halaman Isi
Pembaca rencana Anda sering kali ingin melompat ke bagian tertentu yang menarik bagi mereka; halaman konten memungkinkan mereka menavigasi dengan cepat ke bagian yang sesuai.
Model Bisnis Dan Produk/Jasa
Di sini Anda perlu menguraikan model bisnis Anda dan apa saja produk, layanan, dan solusi yang Anda berikan.
Pelanggan, Pasar Dan Persaingan
Di bagian ini, Anda perlu menunjukkan pemahaman yang jelas tentang klien ideal Anda, pasar untuk produk, layanan, atau solusi Anda (juga membuat pasar Anda tersegmentasi dengan jelas ) dan pemahaman tentang lanskap persaingan, termasuk siapa pesaing Anda dan di mana Anda berada di pasar dibandingkan dengan mereka.
Pemasaran Dan Penjualan
Bagian ini adalah tentang mendemonstrasikan rencana yang jelas dari perspektif pemasaran dan penjualan tentang bagaimana Anda ingin mencapai tujuan Anda, apakah itu skala, menghasilkan pendapatan, atau taktik lainnya.
Keuangan Dan Proyeksi
Anda ingin menunjukkan keuangan Anda saat ini dan proyeksi apa pun yang Anda miliki untuk bisnis yang bergerak maju. Selalu pastikan untuk realistis dengan proyeksi keuangan, Anda harus mendukungnya di beberapa titik!
Tim
Sertakan bagian singkat tentang tim Anda saat ini, siapa mereka dan kualifikasi/pengalaman mereka. Jika Anda memiliki rencana ekspansi untuk sumber daya manusia, Anda juga harus memasukkannya di sini.
Ringkasan Rencana Bisnis
Bagian ini harus menampilkan keseluruhan bisnis dan rencana bisnis Anda, melalui poin-poin penting dalam format poin-poin dan memberikan detail kontak sehingga pembaca dapat dengan mudah menghubungi Anda.
Cara Menulis Rencana Bisnis
Menulis rencana bisnis saat Anda memulai sering kali merupakan tugas baru, rumit, dan terkadang membebani. Namun ada beberapa aturan emas yang harus Anda pertimbangkan saat menulis yang akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah!
Usahakan Tulisan Anda Singkat
Pastikan untuk meringkas dan membuat tulisan Anda sesingkat mungkin karena ini akan membantu rencana Anda menjadi sangat jelas. Ini membantu Anda mengatur ide-ide Anda, tetapi yang paling penting, ini membuatnya lebih mudah dipahami oleh pihak eksternal.
Pastikan Semuanya Relevan
Sangat mudah dan menggoda untuk memasukkan informasi yang tidak relevan dalam rencana bisnis Anda. Informasi tambahan ini biasanya membuat komunikasi Anda kurang efisien dan membuat ide lebih sulit untuk dipahami.
Untuk menyingkirkan materi yang tidak relevan, setelah Anda menyelesaikan suatu bagian, lakukan tinjauan singkat dan singkirkan apa pun yang tidak mendukung atau menambah poin utama yang ingin Anda buat di bagian itu.
Periksa Tata Bahasa Dan Ejaan Secara Menyeluruh
Bahkan jika ada kemungkinan pihak eksternal akan membaca rencana bisnis Anda, maka buatlah ejaan dan tata bahasa Anda sempurna. Seperti halnya dokumen apa pun, Anda kehilangan banyak kredibilitas dan terkadang makna jika ada kesalahan ejaan dan tata bahasa.
Buat Pernyataan Misi Sederhana
Pernyataan misi harus secara singkat menjelaskan apa tujuan keseluruhan bisnis Anda, misalnya, misinya adalah: mengurangi dampak limbah plastik terhadap lingkungan.
Tetapkan Tujuan Yang Jelas
Tetapkan tujuan SMART dengan menjadi sangat spesifik pada apa yang ingin Anda capai di seluruh bisnis dan di area individu.
Nyatakan Bagaimana Anda Akan Sampai Di Sana
Kedengarannya sederhana tetapi banyak pengusaha tidak begitu jelas tentang bagaimana mereka akan mencapai tujuan bisnis mereka, pastikan Anda benar-benar memikirkan dan menciptakan cara bagi bisnis Anda untuk berpindah dari titik A ke B.
Gunakan Garis Waktu Yang Realistis
Menetapkan garis waktu yang realistis di samping aktivitas dan tujuan Anda merupakan faktor penting saat menyusun rencana bisnis apa pun.
Cara Memformat Dan Mempresentasikan Rencana Bisnis Anda
Memastikan Anda telah membuat rencana Anda dalam format yang sesuai dapat menjadi sangat penting untuk bagaimana hal itu dirasakan atau digunakan. Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat mencapai format terbaik.
Format Rencana Bisnis
Buat dokumen awal Anda di Word, Google docs atau Open Office, alat ini mudah digunakan dan Anda akan mendapatkan file yang mudah diedit. Anda juga dapat menggunakan Excel untuk membuat dan memperbarui struktur yang jelas, ini membantu memberi Anda gambaran umum yang baik tentang rencana tersebut. Pastikan untuk menggunakan tema yang konsisten di seluruh dokumen mengenai font, warna, dan fitur desain.
Jika Anda harus memberikan salinannya ke pihak eksternal, selalu ekspor file ke PDF, dan pastikan untuk memiliki grafik profesional jika diinginkan (jika Anda ingin mendesain sesuatu yang kompleks secara grafis, Adobe InDesign sangat cocok untuk ini).
Bagaimana Mempresentasikan Rencana Anda
Jika Anda akan membuat presentasi rencana Anda, Anda perlu membuat versi PowerPoint/Keynote. Format presentasi akan berbeda dari rencana bisnis Anda di mana setiap halaman harus membuat satu poin kunci dengan maksimal tiga poin pendukung lainnya.
Pastikan untuk menggunakan grafik sederhana dan fokus pada apa yang ingin Anda komunikasikan (ingat Anda selalu dapat memberikan rencana bisnis lengkap di akhir presentasi kepada pihak mana pun).
Selalu Perbarui Rencana Bisnis Anda
Rencana bisnis Anda harus diperbarui saat keadaan dan tujuan berubah. Jika bisnis Anda sekarang berjalan, tidak praktis untuk terus memperbarui dokumen ini, tetapi harus ditinjau dan diperbarui dari waktu ke waktu. Terlepas dari hal lain itu adalah refleksi yang baik di mana Anda mulai dan di mana Anda sekarang.
Jika Anda mencari cara untuk melacak kemajuan Anda terhadap tujuan, yang terbaik adalah membuat pelacak/perencana di Excel atau menggunakan alat seperti Asana atau Trello.
Alat Untuk Perencanaan Bisnis
Biasanya, Excel, Word, atau bahkan papan tulis sudah cukup, tetapi jika bisnis Anda sedikit lebih rumit atau Anda berjuang dengan organisasi, maka menggunakan perangkat lunak perencanaan bisnis masuk akal. Solusi terbaik dan terpopuler di luar sana adalah Asana, Trello, dan LivePlan.
6. Mendaftarkan Bisnis
Struktur yang Anda pilih untuk bisnis Anda bergantung pada kebutuhan spesifik Anda. Di bagian ini, kami akan membawa Anda melalui berbagai struktur bisnis, kelebihan, kekurangannya, dan bagaimana Anda dapat mengaturnya.
Berbagai Jenis Struktur Bisnis
Ada beberapa jenis struktur hukum yang dapat Anda pilih saat mendirikan bisnis, kami telah merincinya lebih lanjut di bawah ini.
Pedagang Tunggal
Pedagang tunggal adalah jenis bisnis di mana satu orang memiliki dan menjalankan seluruh bisnis. Ini adalah struktur bisnis paling sederhana yang dapat Anda adopsi. Ini sangat cocok untuk bisnis satu orang; ini termasuk akuntan independen, pengembang web, dan tukang kebun.
Menjadi pedagang tunggal berarti individu tersebut berhak atas semua/setiap keuntungan bisnis tetapi juga bertanggung jawab atas hutang/kerusakan yang terjadi. Di Inggris Raya, saat ini ada lebih dari 3 juta pedagang tunggal yang terdaftar, dan jumlahnya terus bertambah dengan masuknya pekerja lepas yang terampil dalam jumlah besar.
Perseroan Terbatas
Perusahaan terbatas adalah struktur yang berarti bisnis adalah entitas yang terpisah dari pemiliknya. Ini berarti pemilik hanya bertanggung jawab atas hutang bisnis apa pun sejauh jumlah uang yang mereka masukkan ke dalam bisnis, sehingga membatasi eksposur apa pun bagi pemilik bisnis di luar total investasi mereka. Ada dua jenis perusahaan terbatas yang dapat Anda gabungkan di Inggris.
Perusahaan Terbatas Swasta (LTD Atau Ltd)
Di perusahaan terbatas swasta, pemilik secara pribadi memegang saham. Ini adalah struktur pendirian yang paling umum dan disukai untuk sebagian besar bisnis kecil di Inggris Raya. Lebih dari 5,2 juta perusahaan terbatas beroperasi di Inggris sekarang.
Perusahaan Terbatas Publik (PLC)
Di perusahaan terbatas publik, saham tersedia untuk umum untuk kepemilikan dan pembelian. Perusahaan terbatas publik harus memiliki nilai minimal 50.000 pound sebelum dapat berdagang sebagai PLC.
PLC umumnya digunakan sebagai struktur untuk perusahaan besar setelah mereka melakukan penawaran umum perdana (menjual sebagian besar saham mereka di pasar modal).
Kemitraan Tanggung Jawab Terbatas (LLP)
LLP adalah struktur kemitraan yang digunakan oleh banyak bisnis termasuk dokter hewan, dokter gigi, firma hukum atau firma akuntansi. LLP terdiri dari setidaknya satu mitra terbatas dan satu mitra umum (masing-masing juga bisa lebih dari satu), dan mitra ini memiliki tanggung jawab dan paparan yang berbeda terkait bisnis.
Mitra Terbatas
- Pada formasi memberikan properti atau uang kepada
- Bertanggung jawab atas semua hutang sampai jumlah yang mereka miliki
- Mereka tidak memiliki kontrol operasi dan tidak dapat mengelola bisnis secara aktif.
- Mereka tidak dapat menghapus investasi awal (properti atau uang) yang mereka masukkan ke dalam kemitraan.
Mitra Umum
- Bertanggung jawab untuk membayar hutang apa pun yang tidak dapat dilunasi oleh persekutuan.
- Secara aktif mengelola dan mengontrol operasi bisnis.
- Dapat membuat keputusan yang mengikat (tidak dapat diubah) atas urusan bisnis dan untuk bisnis.
Mitra umum dapat mengajukan ACS ; di sinilah aset dan uang disatukan dan dikelola atas nama mitra. Mitra akhirnya memiliki aset bersama tetapi hanya harus membayar pajak atas bagian mereka dari setiap keuntungan.
Perusahaan Penjaminan (LBG)
LBG adalah struktur yang digunakan oleh bisnis nirlaba seperti perusahaan sosial yang mencari struktur hukum untuk beroperasi. Struktur ini berada di antara status amal dan perusahaan terbatas.
Dalam LBG tidak ada modal saham yang dikeluarkan, melainkan para anggota bertindak sebagai penjamin perusahaan. Ini biasanya digunakan oleh asosiasi perdagangan, sekolah, dan bisnis lainnya.
Memilih Struktur Untuk Bisnis Anda
Tidak ada jawaban sederhana untuk struktur mana yang terbaik untuk bisnis Anda, itu tergantung pada operasi dan kebutuhan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda:
Rencanakan untuk mengembangkan bisnis kecil Anda di luar diri Anda (satu orang) dan kemudian menjualnya, maka Perusahaan Terbatas Swasta mungkin merupakan struktur yang paling cocok.
Berencana untuk hanya beroperasi sebagai bisnis satu orang dalam waktu dekat, maka Perdagangan Tunggal mungkin akan menjadi struktur terbaik.
Rencanakan untuk memulai bisnis yang memiliki sejumlah besar manajemen senior, modal dan yang berhubungan dengan layanan, maka kemitraan Perseroan Terbatas akan menjadi pilihan terbaik.
Menyiapkan struktur untuk bisnis Anda bukanlah sesuatu yang Anda lakukan setiap hari, lakukan penelitian lebih mendalam dan putuskan struktur hukum apa yang terbaik untuk bisnis Anda.
Daftarkan Perusahaan Terbatas
Membentuk perseroan terbatas dapat menjadi proses yang sederhana, tetapi juga merupakan sesuatu yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati (jika Anda tidak yakin tentang sesuatu, carilah nasihat hukum).
Di bawah ini Anda akan menemukan ikhtisar tentang apa yang Anda perlukan untuk mendaftarkan perusahaan, tempat Anda dapat mendaftar, dan perincian berguna lainnya tentang pembentukan perusahaan.
Di Mana Saya Dapat Mendaftarkan Perusahaan Saya?
Anda dapat mendaftarkan perusahaan baru Anda di Companies House di GOV.UK, proses ini akan memakan waktu sekitar 30 menit jika Anda telah menyiapkan semua detail yang diperlukan.
Berapa Biaya Untuk Mendaftarkan Perusahaan?
Biayanya £12 untuk mendaftarkan perusahaan secara online (Anda dapat membayar biaya ini melalui PayPal, kartu debit, atau kartu kredit). Dibutuhkan rata-rata 24 jam bagi perusahaan Anda untuk didaftarkan.
Detail Diperlukan Untuk Mendaftarkan Perusahaan
Untuk mendaftarkan perusahaan, Anda harus menyiapkan detail di bawah ini:
Nama perusahaan (Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang penamaan perusahaan Anda di bawah).
Alamat untuk perusahaan.
Satu atau lebih nama dan detail direktur (jika hanya Anda, tidak apa-apa).
Rincian saham perusahaan, kepemilikan saham, dan pemegang saham (dengan setidaknya satu pemegang saham).
Memorandum dan anggaran dasar. Ini adalah dokumen standar yang dibuat dan disetujui oleh pemegang saham yang menguraikan aturan tertulis perusahaan, biasanya sangat standar kecuali Anda memiliki kebutuhan khusus.
Informasi terperinci tentang siapa saja yang memiliki kepentingan atau kendali signifikan di perusahaan (artinya siapa saja yang memiliki 25% atau lebih saham atau hak suara di perusahaan).
Memilih Nama Perusahaan
Saat memilih nama perusahaan, Anda perlu mempertimbangkan persyaratan hukum tetapi juga menerapkan akal sehat:
Pastikan nama yang Anda pilih tidak bermerek dagang perusahaan lain, Anda bisa mengeceknya melalui pencarian Intellectual Property Office di GOV.UK.
Nama Anda tidak boleh mengandung kata-kata kotor (yaitu, bahasa kasar).
Nama perusahaan Anda tidak harus sama dengan nama dagang Anda, misalnya: nama perusahaan Anda dapat berupa “Grup media umum Ltd” dan Anda dapat berdagang dengan nama yang berbeda untuk berbagai produk yang dimiliki perusahaan seperti “Majalah Bisnis, Majalah Pertanian …” Itu tergantung pada rencana Anda, tetapi akan berguna untuk memiliki nama yang berbeda dari produk atau layanan Anda jika Anda berniat meluncurkan bidang bisnis, produk, atau layanan lain.
- Nama Anda tidak boleh sama atau terlalu mirip dengan perusahaan lain yang terdaftar di Companies House.
- Nama bisnis Anda haruslah sesuatu yang mudah diucapkan, dieja, dan diingat.
- Jadilah kreatif dan cobalah melakukan brainstorming sebanyak mungkin pilihan.
- Uji nama Anda dan dapatkan umpan balik dari grup sosial Anda.
- Pada akhirnya, Anda harus meluangkan waktu sebelum memutuskan nama bisnis.
Menyiapkan Alamat Perusahaan
Untuk memulai perusahaan terbatas, Anda harus memiliki alamat bisnis terdaftar. Alamat terdaftar akan muncul di daftar Rumah Perusahaan Anda dan ke sanalah pos resmi dikirim termasuk pajak perusahaan dan permintaan pengembalian tahunan.
Anda bisa menggunakan alamat rumah, alamat kantor atau bahkan PO box. PO box dapat dibeli dari penyedia kantor virtual dan biasanya merupakan opsi yang baik jika Anda menginginkan alamat bisnis yang lebih formal sejak awal (penyedia alamat virtual akan meneruskan kiriman apa pun ke rumah Anda atau alamat yang dipilih dengan biaya tertentu).
Membuat Memorandum Dan Anggaran Dasar
Artikel standar dokumen memorandum biasanya cukup untuk sebagian besar perusahaan baru, yang perlu Anda lakukan hanyalah meminta semua pemegang saham membaca, menandatangani dokumen, dan mengirimkannya. Jika Anda memiliki kebutuhan yang lebih kompleks terkait aturan perusahaan Anda, sebaiknya konsultasikan dengan pengacara.
Memahami Direktur & Sekretaris
Setiap perusahaan membutuhkan setidaknya satu direktur untuk memulai, direktur atau direktur ini membentuk tim manajemen awal sebuah perusahaan. Jika Anda memulai sebuah perusahaan sendiri, Anda harus terdaftar sebagai direktur. Anda juga perlu mencalonkan sekretaris perusahaan, yang juga akan menjadi diri Anda sendiri jika Anda adalah satu-satunya pendiri.
Mendapatkan Kepemilikan Saham & Pemegang Saham Dengan Benar
Anda ingin mendapatkan detail kepemilikan saham dan pemegang saham sejak awal, ini dapat menyebabkan situasi yang menyakitkan nantinya jika Anda mengirimkannya dengan buruk atau bahkan salah, terutama jika Anda melakukan investasi.
Perusahaan baru dengan hanya satu direktur dan satu pemegang saham (yang merupakan orang yang sama), dan kepemilikan 100 saham biasa yang dimiliki oleh direktur/pemegang saham ini pada awalnya akan berjalan dengan baik.
Daftar Sebagai Pedagang Tunggal
Mendaftar sebagai pedagang tunggal adalah proses yang sederhana, Anda hanya perlu mengisi dan mengirimkan beberapa formulir ke HMRC untuk mendaftarkan diri Anda sebagai wiraswasta.
Rincian Apa Yang Saya Perlukan Untuk Mendaftar Sebagai Pedagang Tunggal?
Anda hanya memerlukan nomor asuransi nasional, alamat rumah, dan nama bisnis.
Di Mana Saya Bisa Mendaftar Sebagai Pedagang Tunggal?
Anda harus mendaftar sebagai wiraswasta di HMRC dengan mengisi formulir SA yang sesuai dan mengirimkannya.
Memilih Nama Pedagang Tunggal
Menjadi pedagang tunggal, Anda dapat berdagang dengan nama Anda atau nama bisnis yang Anda pilih. Jika Anda menginginkan nama bisnis terpisah, nama tersebut tidak boleh bertentangan dengan merek dagang yang ada, dan Anda juga harus menggunakan nama dan nama bisnis Anda pada dokumen resmi apa pun.
Memutuskan Alamat Untuk Pedagang Tunggal
Biasanya, alamat rumah baik-baik saja karena tidak tersedia untuk umum dan banyak wiraswasta beroperasi dari rumah. Jika Anda akan mencantumkan alamat bisnis Anda di situs web atau di mana pun, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan kantor virtual atau PO Box jika Anda tidak memiliki alamat kantor tetap.
Mendaftarkan Kemitraan Tanggung Jawab Terbatas
Mendaftarkn kemitraan terbatas (LLP) lebih kompleks daripada kebanyakan pendaftaran. Detail di bawah ini memberikan garis besar yang bermanfaat tentang bagaimana Anda dapat mendaftarkan LLP dengan saran praktis.
Bagaimana Saya Bisa Mendaftar LLP?
Anda perlu mengunduh formulir aplikasi LP5 dari GOV.UK dan mengirimkannya melalui pos ke Companies House. Semua mitra di perusahaan harus menandatangani formulir ini dan biasanya diperlukan waktu lima hari untuk menyiapkan kemitraan terbatas Anda.
Anda juga perlu mengirimkan biaya sebesar £20 melalui cek atau wesel pos pada saat yang sama (dibayarkan ke “Rumah Perusahaan”). Sebagai alternatif, Anda dapat menggabungkan perusahaan secara online melalui perangkat lunak pihak ketiga.
Memilih Nama Kemitraan
Aturan yang sama berlaku untuk memilih nama kemitraan seperti dengan nama perusahaan, lihat saran di atas, bagian pendaftaran perusahaan terbatas.
Memilih Alamat Untuk LLP Anda
Aturan alamat yang sama seperti untuk perusahaan terbatas hanya berlaku bahwa alamat bisnis terdaftar Anda, untuk surat resmi dan daftar publik, harus berada di wilayah tempat Anda pertama kali bergabung. Misalnya, jika Anda bergabung di Wales, alamat kemitraan terdaftar Anda harus berada di Wales. Anda bebas untuk mengubahnya setelah pendaftaran.
Anda Memerlukan Mitra Umum Dan Mitra Terbatas
Anda harus memiliki mitra umum dan mitra terbatas untuk memulai kemitraan tanggung jawab terbatas. Ini tidak boleh orang yang sama, jadi tim pendiri minimum adalah dua orang secara default.
7. Menyiapkan Keuangan, Akuntansi Dan Pajak
Setelah Anda menyiapkan struktur hukum bisnis Anda, ada beberapa tanggung jawab keuangan dan pajak penting yang perlu Anda ketahui.
Membuka Rekening Bank Bisnis
Sebelum Anda dapat mulai menghasilkan pendapatan atau melakukan pembelian, Anda harus membuka rekening bank bisnis untuk mengirim, menerima, dan menyimpan modal (uang) bisnis Anda dengan aman.
Sangat penting untuk memilih bank dan rekening bisnis dengan hati-hati karena kemungkinan besar Anda akan bersama penyedia perbankan yang dipilih untuk kehidupan bisnis.
Pilih Bank Untuk Bisnis Anda
Tidak ada jawaban sederhana untuk ini, yang terbaik adalah mengumpulkan beberapa informasi tentang setiap bank dan penawaran mereka dan membandingkannya untuk melihat siapa yang paling cocok. Anda harus mencari detail seperti:
- Apa rekam jejak mereka dalam bekerja dengan usaha kecil?
- Apakah mereka memiliki rangkaian produk dan informasi khusus untuk usaha kecil?
- Apa pendapat pelanggan bisnis kecil lainnya tentang bank?
- Apakah bank tersebut terhormat, apakah mereka terlibat dalam aktivitas ilegal baru-baru ini?
Setelah Anda mengumpulkan semua informasi ini, yang dapat Anda temukan secara online; Anda harus memiliki ide bagus tentang bank mana yang terbaik untuk bisnis Anda.
Pilih Rekening Bank Pemenan
Anda juga harus memutuskan jenis akun bisnis atau akun yang Anda siapkan. Jika Anda memiliki jenis akun yang salah, hal itu dapat memengaruhi biaya perbankan bisnis secara signifikan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih akun bisnis:
- Apakah mereka membebankan biaya berdasarkan transaksi yang berbeda, apakah itu biaya bulanan tetap atau bahkan gratis?
- Jika dikenakan biaya transaksi, biaya apa saja yang dikenakan pada setiap jenis transaksi?
- Apakah mereka menyediakan akun bebas biaya transaksi untuk jenis transaksi tertentu seperti online atau retail?
- Apakah bank menawarkan manfaat gratis seperti asuransi, perangkat lunak, atau manfaat lain jika Anda membuka rekening tertentu dengan mereka?
- Apakah mereka menawarkan perbankan bisnis dan akun gratis untuk suatu periode? Untuk usaha baru, bank cenderung menawarkan perbankan gratis selama 6-24 bulan.
Anda memerlukan sedikit waktu untuk mengumpulkan informasi tentang rekening bank dan membandingkannya, tetapi hal ini layak dilakukan karena dapat menghemat banyak uang, waktu, dan sakit kepala di masa mendatang.
Mungkin Sulit Untuk Mengubah Bank
Setelah Anda beberapa bulan atau tahun dalam perdagangan, mungkin sulit untuk mengubah bank dan bahkan mengubah akun Anda, karena Anda mungkin akan memproses banyak pembayaran dan pembelian melalui bank dan akun Anda pada satu waktu.
Jika Anda mengubah bank atau rekening, Anda perlu memperbarui masing-masing mitra, pemasok, dan pelanggan, yang merupakan tugas yang sangat memakan waktu. Biasanya berakhir cukup parah sehingga banyak bisnis tidak berpindah bank bahkan jika mereka memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan. Anda juga harus memastikan untuk mendapatkan penyedia sistem pembayaran Anda tepat waktu (perubahan juga bisa menjadi mimpi buruk), ada baiknya mempelajari semua cara Anda dapat mengintegrasikan pembayaran di situs web Anda (dan penyedia yang akan digunakan).
Memahami Tanggung Jawab Akuntansi, Pajak, Dan Pengarsipan Anda
Sebagai pemegang saham, pemilik, atau direktur, Anda kemungkinan besar akan bertanggung jawab untuk mengisi beberapa bentuk akun, mengajukan dokumen, dan membayar berbagai pajak bisnis ke HMRC secara rutin setiap tahun atau lebih.
Memahami tanggung jawab akuntansi, pajak, dan keuangan dasar Anda sejak awal sangat penting untuk menjalankan bisnis Anda dengan benar, patuh secara hukum, dan menghindari denda yang besar dari HMRC.
Catat Transaksi Keuangan Anda
Sebagian besar bisnis diharuskan secara hukum untuk menyimpan catatan keuangan mereka yang akurat dan terkini, ini berarti mencatat pengeluaran, pendapatan, dan transaksi keuangan bisnis lainnya. Memiliki catatan terkini membantu membuat rencana keuangan dan memungkinkan Anda untuk mengarsipkan akun Anda relatif cepat karena Anda memiliki semua data relevan yang siap untuk akuntan Anda.
Mempersiapkan & Mengajukan Akun Tahunan
Perusahaan terbatas dan kemitraan terbatas diharuskan untuk mengirimkan akun setiap tahun. Akun-akun ini adalah catatan pengeluaran, pendapatan, dan transaksi keuangan bisnis Anda sepanjang tahun akuntansi.
Tagihan pajak perusahaan Anda juga akan diselesaikan berdasarkan akun ini. Biasanya seorang akuntan menyiapkan akun-akun ini berdasarkan catatan akuntansi Anda dari tahun tersebut, tergantung pada seberapa terorganisir dan mutakhir catatan-catatan ini. Ini bisa menjadi proses yang sederhana atau rumit.
Mengajukan Pernyataan Konfirmasi
Perusahaan terbatas dan kemitraan terbatas harus menyerahkan pernyataan konfirmasi tahunan. Pernyataan ini hanya untuk memeriksa bahwa informasi yang dimiliki Companies House tentang bisnis Anda sudah benar dan jika ada yang salah atau kedaluwarsa, Anda perlu memperbarui perincian ini.
Mendaftar Untuk Penilaian Diri
Penilaian diri melibatkan pengajuan tahunan satu set akun sederhana yang menutupi pendapatan Anda selama tahun itu. HMRC menggunakan ini untuk menilai pajak yang harus Anda bayar secara pribadi. Pedagang tunggal, direktur perusahaan, dan mitra perseroan terbatas harus mendaftar untuk penilaian mandiri (direktur perusahaan juga perlu mengetahui tentang PAYE dan dividen ).
Pedagang tunggal juga dapat menggunakan biaya terkait bisnis apa pun untuk mengurangi pendapatan dan keseluruhan tagihan pajak mereka. Satu pengecualian terakhir adalah jika perusahaan terbatas Anda tidak mencari keuntungan, maka Anda tidak perlu mengajukan penilaian mandiri.
Daftar PPN (Pajak Pertambahan Nilai)
Jika bisnis Anda cenderung memiliki lebih dari ambang batas PPN dalam penjualan tahunan, Anda harus mendaftar untuk PPN. Ini adalah pajak tarif tetap yang harus Anda bebankan di atas barang atau jasa apa pun yang Anda jual.
Sisi positifnya, setelah Anda terdaftar PPN dan memiliki nomor PPN, Anda dapat membeli produk dari bisnis lain tanpa PPN.
Mendaftar Untuk Pajak Perusahaan
Jika Anda memiliki perusahaan terbatas dan sedang berdagang (ini berarti melakukan transaksi keuangan apa pun), Anda harus mendaftar untuk pajak perusahaan dalam waktu tiga bulan sejak memulai bisnis atau mulai berdagang.
Anda akan dinilai untuk pajak perusahaan melalui akun tahunan Anda dan harus membayar pajak dengan tarif tetap berdasarkan keuntungan yang dihasilkan oleh bisnis Anda. Anda dapat menemukan perincian lebih lanjut tentang pembayaran pajak perusahaan di sini dan perincian lebih lanjut tentang pendaftaran CT di sini.
Memahami Tarif Bisnis
Tarif bisnis adalah pajak yang dikenakan di tempat bisnis oleh pemerintah Inggris Raya dan diserahkan oleh otoritas lokal. Mereka ditagih setiap tahun untuk properti bisnis termasuk toko, pabrik, kantor, gudang, bar, dan lainnya.
Jika Anda memiliki atau menyewa tempat komersial, kemungkinan besar Anda perlu mendaftar dan membayar tarif bisnis. Namun, jika Anda menjalankan bisnis dari rumah, kemungkinan besar Anda tidak perlu membayar tarif bisnis.
Beri Tahu Companies House Dan HMRC Jika Ada Perubahan
Jika detail bisnis Anda berubah secara signifikan, Anda perlu memberi tahu otoritas terkait, misalnya; jika alamat terdaftar Anda berubah, Anda harus segera memberi tahu Companies House/HMRC.
Pekerjakan Seorang Akuntan
Ketika datang untuk memulai bisnis kecil apa pun, disarankan untuk memiliki seorang akuntan. Seorang akuntan yang baik akan menghemat uang bisnis Anda jauh lebih banyak daripada biaya sewanya. Secara khusus, seorang akuntan akan memastikan:
Anda membayar jumlah pajak yang tepat.
Pastikan Anda memenuhi, mengajukan, dan membayar tenggat waktu pajak utama, mis. laporan tahunan, rekening, pajak perusahaan…
Miliki saran dan informasi keuangan ahli yang siap melayani Anda.
Pastikan akun tahunan Anda dikompilasi dengan benar dan diserahkan ke HMRC.
Singkatnya, seorang akuntan yang baik akan membuat aspek keuangan bisnis Anda lebih mudah ditangani dan menghemat banyak uang dalam prosesnya.
Memilih Akuntan
Akuntan yang ideal untuk bisnis kecil yang baru dimulai adalah akuntan independen lokal yang akan memberikan waktu dan perhatian yang dibutuhkan keuangan bisnis Anda dan mungkin lebih murah daripada perusahaan besar.
Berapa Biaya Seorang Akuntan?
Akuntan akan meminta Anda untuk membayar sekaligus setiap tahun atau lebih umum biaya bulanan yang akan menutupi pekerjaan yang sedang berlangsung. Jumlahnya biasanya tergantung pada seberapa baik Anda dapat bernegosiasi, tetapi kemungkinan akan berkisar antara £30-150 per bulan tergantung pada kerumitan masalah keuangan bisnis Anda dan kebutuhan pengarsipan.
Namun, pedagang tunggal, mungkin hanya membutuhkan seorang akuntan setahun sekali untuk penilaian mandiri dan biayanya antara £80 -200.
Memilih Perangkat Lunak Akuntansi Bisnis Kecil
Kecuali jika Anda adalah pedagang tunggal dengan beberapa transaksi melalui bisnis Anda setiap tahun, ya, Anda memerlukan perangkat lunak akuntansi bisnis kecil, dan ada dua alasan utama:
Jika Anda adalah perusahaan terbatas atau kemitraan, akun tahunan Anda, yang harus Anda serahkan secara legal kepada pemerintah setiap tahun, memerlukan semua catatan Anda dari periode akuntansi tahunan.
Sehingga Anda dapat secara akurat melacak semua transaksi keuangan Anda dan kesehatan keuangan serta masa depan bisnis Anda (termasuk biaya, pendapatan, dan laba).
Tidak dapat ditekankan betapa pentingnya untuk selalu memperbarui dan mencatat catatan keuangan yang akurat sejak awal. Kegagalan untuk melakukan hal ini dapat mengakibatkan hilangnya banyak waktu, uang dan dalam beberapa kasus tuntutan pidana.
8. Membeli Keperluan Bisnis
Menyiapkan Broadband Bisnis
- Pastikan koneksi Anda memiliki kecepatan unduh minimal 20mbs dan kecepatan unggahan 6mbs (Broadband atau Fibreoptic).
- Periksa ulasan online dari setiap perusahaan dan berbagai tingkatan/jenis paket internet yang mereka tawarkan.
- Pastikan panjang kontrak tidak lebih dari 18 bulan (biasanya Anda bernegosiasi secara besar-besaran ketika kontrak Anda akan diperpanjang, sehingga menurunkan biaya).
- Verifikasi bahwa perusahaan memiliki tim layanan pelanggan yang responsif daripada mesin otomatis atau layanan pelanggan yang buruk. Ini bisa menjadi mimpi buruk ketika masalah internet terjadi dan menjadi masalah besar selama setahun terakhir, khususnya di Inggris.
- Jika Anda tinggal atau bekerja di daerah di mana broadband atau serat lemah terkait koneksi internet atau tidak terhubung sama sekali, pertimbangkan kontrak internet 4G dan antena sebagai solusi alternatif untuk mendapatkan internet yang cepat dan stabil.
Mendapatkan Saluran Telepon Bisnis
Mencari Ruang Kantor
Sewa Ruang Kerja Bersama
Terapkan Untuk Akselerator Bisnis
Sewa Kantor Inkubator Bisnis
Sewa Dari Bisnis Lokal Lain
Sewa Serviced Office
Memilih Bisnis Stasioner Dan Signage
Memilih Tanda Untuk Bisnis Anda
Persediaan Kantor Dan Opsi Alat Tulis
9. Temukan Pendanaan Untuk Bisnis Baru Anda
Tabungan Anda
Teman & Keluarga
Hibah Bisnis
Kompetisi Bisnis
Investor Malaikat
Modal Usaha
Crowdfunding
Pinjaman Bisnis
Mendapatkan Pinjaman Start Up
Kartu Kredit Bisnis
Cerukan Bisnis
10. Membuat Strategi Penjualan Dan Pemasaran
Menyiapkan Produk Atau Layanan Untuk Dijual
Memposisikan Penawaran Anda
Memahami USP Anda (Unique Selling Point)
Menetapkan Harga Pada Tingkat Yang Tepat
- Tentukan biaya per unit Anda.
- Tentukan margin keuntungan yang akan Anda hasilkan per unit/per jam.
- Kumpulkan informasi harga produk atau layanan pesaing Anda.
- Cari tahu apa yang bersedia dibayar pelanggan. Ini akan membutuhkan pasar
- Setelah Anda melakukan riset dan analisis harga, Anda akan menemukan apa yang menurut Anda akan
Memilih Rute Ke Pasar
Jual Online
Penjualan Melalui Toko Retail
Jual Grosir
Menjual Melalui Agen Atau Afiliasi
Memilih Saluran Pemasaran
Email Pemasaran
Iklan Online
Pemasaran Media Sosial
Pembuatan Konten
Memposting Surat
Telesales
Membangun Proses Penjualan
Membangun Aset Penjualan
Membangun Jaringan Penjualan
Buat Tim Layanan Pelanggan
11. Membangun Tim Untuk Bisnis Baru Anda
Praktik Rekrutmen Yang Brilian Terkait Dengan Kesuksesan Bisnis
Menarik Karyawan Hebat
- Tawarkan paket remunerasi yang kompetitif (gaji, tunjangan, opsi saham).
- Gunakan visi perusahaan mereka untuk menginspirasi kandidat agar mau menjadi bagian dari perusahaan.
- Tunjukkan kemungkinan perkembangan karir untuk kandidat.
- Tunjukkan budaya kerja yang progresif, beragam, dan menarik kepada kandidat.
Ciptakan Proses Rekrutmen Yang Kuat
- Garis waktu dan tahapan yang jelas untuk kandidat.
- Kriteria yang tidak ambigu untuk apa yang Anda cari dan bagaimana Anda akan menilai kandidat.
- Setidaknya 3 wawancara (idealnya dengan anggota tim Anda yang berbeda).
- Sebuah langkah untuk memeriksa referensi pekerjaan sebelumnya dan memeriksa klaim kandidat secara menyeluruh.
- Proses rekrutmen yang buruk dapat meninggalkan Anda dengan kandidat terburuk. Proses rekrutmen yang kuat akan memungkinkan Anda bekerja hingga mendapatkan kandidat terbaik secara efisien. Perusahaan yang memilih untuk menginvestasikan waktu dan sumber daya ke dalam proses rekrutmen akan selalu mengungguli mereka yang tidak melakukannya!
Perekrutan Internal Vs Outsourcing
Rekrutmen Outsourcing
- Agensi profesional akan menemukan kandidat yang sesuai dengan profil Anda.
- Ini menghilangkan kebutuhan akan tim rekrutmen in-house yang ekstensif.
- Ini bisa sangat mahal (agensi biasanya akan mengenakan biaya antara 15% dan 25% dari total pendapatan tahunan kandidat tahun pertama).
- Rekrutmen Internal
- Ini memungkinkan Anda untuk mengontrol dan mengoptimalkan semua aspek perekrutan
- Ini biasanya lebih murah daripada menyewa agen luar.
- Ini akan membutuhkan penggunaan tim internal dan sumber daya.
Menciptakan Etos Dan Sistem Manajemen
Tetapkan Struktur Manajemen
Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Positif
Membangun Budaya Perusahaan Yang Hebat
Pastikan Anda Mematuhi Undang-Undang Ketenagakerjaan Dan Pajak
Mengetahui Pajak Pekerjaan
Memahami Hukum Ketenagakerjaan
- Anda harus membayar setiap karyawan setidaknya sebesar upah minimum.
- Setelah dua tahun bekerja terus menerus, karyawan berhak atas paket redundansi jika mereka dipaksa oleh organisasi Anda untuk meninggalkan pekerjaan mereka tanpa sebab,e. penutupan tempat kerja atau kebutuhan untuk mengurangi tenaga kerja.
- Karyawan wanita berhak atas 52 minggu cuti hamil dan pria hingga 2 minggu jika mereka telah bekerja lebih dari 26 minggu untuk bisnis tersebut.
- Jumlah maksimum jam kerja seseorang untuk majikan dalam seminggu adalah 48 jam, kecuali jika mereka setuju untuk bekerja lebih jauh dan menandatangani rilis.
- Karyawan berhak mendapatkan setidaknya 28 hari libur berbayar dalam setahun (ini diprorata untuk pekerja paruh waktu).
- Anda tidak boleh mendiskriminasi secara tidak adil berdasarkan ras, jenis kelamin, disabilitas, atau faktor lain terkait perekrutan, gaji, promosi, akses ke pelatihan, atau pemutusan hubungan kerja.